Masyarakat Desa Rowo Rejo Ucap Terima Kasih, Atas Pembangunan Jalan Rabat Beton Di Desa Nya

oleh

Pesawaran (Familydutapost.com) – Masyarakat Desa Rowo Rejo, Kecamatan Negeri Katon, Kabupaten Pesawaran ucapkan terima kasih kepada Pemerintah Desa setempat.

Ungkapan terima kasih tersebut, atas telah di bangunnya akses jalan rambat beton yang dilaksanakan oleh Pemdes Desa Rowo Rejo menggunakan Anggaran Dana Desa Tahun 2023 dengan volume panjang 605 meter dan lebar 3 meter.

Dengan pembangunan itu, warga masyarakat Desa Rowo Rejo, terutama warga yang berada di Dusun Rowo Selatan RT1/ RW 2 sangat senang dan merasa puas atas dibangunnya jalan rambat beton tersebut.

“Alhamdulilah mas, jalannya dibangun juga akhirnya, sebelum dibangun jalan ini masih tanah dan kalau turun hujan jalan sangat becek sehingga menghambat warga yang mau ke kebun. Apa lagi mengangkut hasil panen warga harus ektra hati-hati untuk melewati jalan ini,”ujar Warsito saat dikonfirmasi dilokasi, Rabu 3 Juni 2024.

Dikatakan Warsito, dengan dibangunnya jalan rambat beton itu, betul-betul sangat kami rasakan manfaatnya, karena sekarang akses jalannya sangat mudah untuk dilalui terutama warga yang mau ke kebun atau sawah.

“Saya mewakili warga di dusun ini sekali lagi mengucapkan sangat berterima kasih atas dibangunnya akses jalan rambat beton di desa kami ini, sekali lagi kami ucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya,”katanya dengan mimik muka yang sumringah.

Sehubungan hal itu, saat dikonfirmasi Kepala Desa Rowo Rejo, Sugiman menjelaskan bahwa semua pekerjaan fisik termasuk pembangunan rambat beton di tiga titik, salah satunya pembangunan rambat beton di Dusun Rowo Selatan dan anggaranya bersumber Dana Desa (DD) tahun 2023 lalu telah terwujud dan rampung pekerjaannya 100 persen.

Ia memaparkan, dengan mengucapkan rasa syukur dan alhamdulilah bahwa program Dana Desa tahun 2023 yang terdiri beberapa aitem sudah direalisasikan dan telah rampung 100 persen yang sesuai dengan APBDES Desa.

Dalam proses pekerjaannya,menurut Sugiman, pembangunan fisiknya di kerjakan dengan tenaga kerjanya dengan sistem padat karya yang melibatkan warga setempat.

“Menggunakan kegiatan Padat Karya itu tujuannya untuk pemberdayaan masyarakat serta membuka lapangan kerja bagi warga setempat. Sehingga hasil pekerjaan pembangunan fisik yang dikerjakan masyarakat itu cukup baik, karena kualitasnya sesuai spek pengerjaan,”katanya kepada sejumlah media, Senin 3 Juni 2024.

Terkait hal itu, Sugiman juga berharap kepada masyarakat Desa Rowo Rejo agar membantu apa yang pihak Pemdes Desa Rowo Rejo kerjakan ini adalah pekerjaan Dana Desa, jangan sampai rakyat kecewa di kemudian hari terkait apa yang kami kerjakan.

“Apapun pekerjaan desa yang yang bersumber dari Anggaran Dana Desa (DD) terutama pekerjaan fisiknya harap dibantu dan dikontrol ol h masyarakat, karena jangan sampai di kemudian hari masyarakat kecewa. Dalam hal itu juga kami sudah menyampaikan kepada pihak BPD karena mereka adalah wakil rakyat desa. Dan juga kami berharap apa yang kami kerjakan untuk masyarakat desa dapat bermanfaat bagi masyarakat itu sendiri,”harapnya.

Masih kata Sugiman, untuk program pembangunan dengan menggunakan Anggaran Dana Desa (DD) tahun 2024, pihak desa telah memfokuskan pekerjaan fisik yang menuju jalan tempat ibadah, karena hal tersebut bila turun hujan warga yang ingin mengerjakan ibadah agar lancar tidak terkendala dengan keadaan jalan becek.

“Semua program yang berkaitan dengan Anggaran Dana Desa (DD) tahun 2024, pekerjaannya kami fokuskan untuk memperbaiki sarana jalan menuju peribadahan yang ada di Desa Rowo Rejo. Hal itu pun sudah kami musyawahkan dan disambut positif oleh masyarakat desa,”ungkapnya.

Adapun realisasi pembangunan pisik dengan Menggunakan Dana Desa (DD) Tahap I tahun 2024 yakni pekerjaan rambat beton ada 2 titik, kemudian pembangunan TPT (talud penahan tanah) sudah diselesaikan 100 persen.

Sedangkan untuk termin ke2 kami baru saja mengajukan untuk lapen dengan volume panjangnya 315 meter yang terletak di dusun 2.

Sekedar diketahui, pembangunan fisik yang menggunakan Anggaran Dana Desa (DD) tahun 2023 diantaranya, pekerjaan TPT yang terletak di dusun 4 dengan panjang 31 meter menghabiskan biaya sebesar Rp.240.1015,000.

Kemudian pekerjaan TPT yang terletak di dusun 4 dengan panjang 31 meter menelan biaya Rp 20.100.10,000,00. (Yani)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *