Gernang Pembersihan Irigasi Poktan Setia Karya Sendangasih

oleh

LAMPUNG TENGAH –(Familydutapost.com) Sejumlah petugas dari Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) bersama Penyuluh Pertanian Kecamatan Sendangagung Kabupaten Lampung Tengah melaksanakan gerakan penanganan (gernang) pembersihan saluran irigasi dengan panjang 1500 m di sawah Poktan Setia Karya Kampung Sendangasih. Gernang tersebut dilaksanakan pada Jum’at (17/5/2024).

Salah satu strategi dalam menangani Dampak Perubahan Iklim (DPI) melalui kegiatan adaptasi dan mitigasi di tingkat kelompok tani dengan cara menormalisasi saluran irigasi sebagai antisipasi kekeringan pada MT II. Perlakuannya yakni dengan melakukan pembersihan saluran dan pengangkatan sedimen serta pendalaman saluran air.

Normalnya, pembersihan dilakukan menjelang waktu tanam atau 2x periode tanam. Penggalian ini difokuskan pada saluran tersier maupun saluran kuarter.

Output yang diharapkan dari kegiatan ini adalah pengurus dan anggota kelompok tani mampu bertanggung jawab dalam menjaga kebersihan saluran irigasi sehingga ketika terjadi situasi darurat, aliran air yang berasal dari sumber air atau hulu air dapat dialirkan dengan cepat dan tepat sasaran melalui saluran stier dengan baik.

Selain itu, Petugas Penyuluh Lapangan (PPL) setempat, Susilo, dihadapan puluhan anggota Poktan Setia Karya menyatakan bahwa petani harap waspada terhadap kemungkinan adanya penyakit wereng pada MT2.

“Petani sawah agar sigap dan tanggap pada musim tanam 2 tahun ini kemungkinan adanya serangan wereng. Segera laporkan ke PPL setempat untuk segera ditangani bersama-sama”, tegas Susilo.

Diujung kegiatan gernang tersebut, pihak BPP dan PPL menghimbau kepada para petani agar menjaga dan merawat saluran air di lokasi sawah masing-masing. (A-minho)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *