Gubernur Lampung Serahkan Aset Hibah Gedung Studio TVRI Lampung

oleh

inspiratif.co.id—Gubernur Provinsi Lampung Arinal Djunaidi secara resmi menyerahkan Hibah Aset Gedung Studio TVRI Lampung kepada Direktur Utama Lembaga Penyiaran Publik (LPP) Televisi Republik Indonesia (TVRI) Iman Brotoseno, pada kegiatan Malam Konser Refleksi Akhir Tahun TVRI Lampung 2023, di Hotel Novotel, Kota Bandarlampung, Selasa (26/12/2023).

Pada kegiatan tersebut Gubernur juga melakukan pemecahan kendi sebagai simbol peresmian dari News Van, Mobil TVRI Siaran Luar, bantuan dari TVRI Pusat kepada Stasiun TVRI Lampung.

“Atas nama Pemerintah Provinsi Lampung, saya mengapresiasi diadakannya acara ini, karena menjadi sebuah perayaan yang luar biasa yang memperlihatkan semangat serta kekayaan kreativitas yang dimiliki oleh masyarakat Lampung,” ucap Gubernur mengawali sambutannya.

Menurut Gubernur, kegiatan malam ini bukan hanya sebuah perayaan, tetapi juga momen untuk memandang kembali perjalanan sepanjang tahun 2023 yang telah berlalu.

“Momentum ini menjadi cerminan dari kegigihan, keuletan, dan semangat kerja keras yang telah kita tanamkan demi kemajuan bersama,” ungkapnya.

Sebagai bukti dari keberhasilan pembangunan Pemerintah Provinsi Lampung, Gubernur mengungkapkan bahwa sejak Juni 2019 hingga saat ini, Gubernur Lampung telah memperoleh apresiasi dan meraih 140 penghargaan, baik dari Pemerintah Pusat maupun masyarakat. Adapun pada tahun 2023 sebanyak 33 penghargaan, diantaranya :

  1. Penghargaan Adhikarya Naraya Pembangunan Pertanian dari Kementerian Pertanian atas keberhasilan dalam peningkatan produksi dan kemajuan sektor pertanian;
  2. Penghargaan Kategori Strategi Terbaik Peringkat ke-3 dalam Peningkatan Penyaluran KUR dari Menteri Koordinator Bidang Perekonomian;
  3. Penghargaan Abdi Ekonomi Desa  dari Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi;
  4. Penghargaan Indeks Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik sebagai Peringkat I di Sumatera dari KemenPAN-RB;
  5. Penghargaan Pengembangan UMKM dan Potensi Sumber Daya Lokal dari Kompas TV;
  6. Anugerah Pengadaan 2023 Kategori Pemerintah Provinsi Dengan Persentase Nilai Transaksi Produk Dalam Negeri Terbesar dari Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang Pemerintah (LKPP) RI;
  7. Penganugerahan Penghargaan Doktor Honoris Causa Bidang Ilmu Ekonomi oleh Universitas Lampung kepada Gubernur Lampung sebagai pengakuan atas kontribusi yang besar dalam pembangunan Lampung melalui Program Kartu Petani Berjaya (KPB).

Gubernur menyatakan bahwa seluruh capaian penghargaan yang diperoleh merupakan hasil kerja keras penyelenggaraan Pemerintah Provinsi secara terencana dan terpadu melalui dukungan Pemerintah Pusat, dan kabupaten/kota serta seluruh stakeholders terkait, termasuk di dalamnya unsur Forkopimda, dunia usaha, Perbankan, Perguruan tinggi, Organisasi Profesi, Pers dan Media, serta seluruh masyarakat Lampung.

Selanjutnya, Gubernur juga memaparkan bahwa tantangan pembangunan daerah kedepan masih cukup banyak, terutama dalam menghadapi perkembangan geopolitik, derasnya perubahan teknologi informasi, digitalisasi UMKM, digitalisasi birokrasi dan hilirisasi industri. Maka kerja keras dan kerjasama yang baik semua pihak sangat penting untuk terus dijaga, agar pembangunan daerah dapat berjalan baik dan berkelanjutan.

“Melalui kesempatan yang baik ini, mari kita jadikan refleksi ini sebagai inspirasi untuk memulai tahun yang baru dengan semangat yang lebih membara. Teruslah bersatu dan berkolaborasi untuk mewujudkan perubahan yang positif bagi Provinsi Lampung,” ajak Gubernur.

Sementara itu Direktur Utama LPP TVRI Iman Brotoseno dalam sambutannya menyatakan ungkapan terimakasih atas dukungan Pemerintah Provinsi Lampung terutama kepada Gubernur Lampung atas bantuan dan dukungannya kepada TVRI Lampung.

“Kontribusi pembangunan Studio TVRI Terbesar pada era Gubernur Lampung Arinal Djunaidi ini bisa menjadi contoh bagaimana Gubernur menjadi bagian dari pengembangan TVRI Lampung, dan ini tidak salah karena TVRI Lampung memang menjadi bagian dari instansi vertikal Gubernur juga, jadi sekali lagi terimakasih pak,” ucap Dirut LPP TVRI.

Iman Brotoseno juga mengungkapkan bahwa TVRI saat ini sedang bersiap untuk mensukseskan program Digital broadcasting system (DBS) yang dicanangkan oleh Kementerian Kominfo mulai Juli 2024 mendatang.

Kemudian menjelang pemilu, Iman berharap agar TVRI Lampung dapat tetap menjaga profesionalisme sebagai media rujukan dan rumah pembersih (clearing house) terhadap pemberitaan palsu atau hoaks yang beredar di masyarakat.

“TVRI berkomitmen untuk memberikan ruang yang sama terhadap semua paslon dan partai politik,¬† kami menjadi bagian dari pengawalan pesta demokrasi ini untuk memilih pemimpin dimasa depan, kami berharap TVRI tetap menjadi jurnalis yang profesional, jujur dan menjaga keberimbangan,” pungkasnya.

Pada kegiatan tersebut, Kepala Stasiun TVRI Lampung Herly Marjoni bersama Ketua Dewan Pengawas LPP TVRI Agus Sudibyo, juga melakukan mengukuhkan Komite Pendamping Program Siaran (KPPS) TVRI Lampung Periode 2024 – 2026, dengan anggota yakni : Ansori Djausal, Prof., Dr. Sujarwo, dan H. Andy Achmad Sampurna Jaya.

Malam Konser Refleksi Akhir Tahun TVRI Lampung 2023 juga dimeriahkan dengan tampilnya sejumlah artis lokal dan nasional, diantaranya adalah penyanyi senior Dian Piesesha yang menyanyikan beberapa lagu hitsnya. (Dinas Kominfotik Provinsi Lampung).

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *