Deklarasi Damai Jelang Pemilu 2024 Digelar Polres Tubaba

oleh

Inspiratif.co.id – Sebagai wujud nyata dalam menjaga situasi kamtibmas jelang Pemilu yang akan dilaksanakan serentak d Tahun 2024 mendatang, Polres Tulang Bawang Barat (Tubaba) Polda Lampung menggelar Deklarasi Pemilu Damai pada Sabtu, 23-November-2023.

Deklarasi tersebut dipimpin langsung oleh Kapolres Tubaba AKBP Ndaru Istimawan yang dihadiri Pj.Bupati Tubaba M.Firsada, Asisten III, Kasat Pol PP, Kadishub, Ahmad Zulkifly, Plt Ka. Kesbangpol, Kabid Media Kominfo,Sekretaris Camat Tulang Bawang Udik dan Tumijajar, perwakilan dari Kejari Ketua KPU, Ketua DPRD, perwakilan Dandim 0412/LU serta seluruh perwakilan Parpol yang ada di kabupaten setempat.

Dalam penyelenggaraan deklarasi tersebut, Ketua KPU Kabupaten Tubaba menyampaikan komitmen dalam menyikapi situasi Pemilu, dengan mematuhi segala peraturan perundang-undangan terkait dengan pemasangan spanduk dan kampanye serta menjaga keamanan dan kenyamanan selama masa Pemilu berlangsung.

Tak lupa Kapolres Tubaba juga menyampaikan bahwa pelaksanaan deklarasi damai tersebut, sebagai wujud nyata dan komitmen pihak Keamanan dalam menjaga situasi Kamtibmas di Wilayah Kabupaten setempat dan sebagai bentuk ajakan moral kepada semua pihak dalam menjaga situasi menjelang Pemilu agar tetap kondusif. POLRI akan menjaga netralitas dari proses tahapan awal Pemilu sampai tahapan akhir pemilu tahun 2024, sehingga pesta demokrasi ini dapat berjalan dengan aman, lancar dan sukses.

“Kata damai dalam Pemilu damai, harus kita maknai dengan keberagaman yang ada dan sebagai wadah untuk mempersatukan kita semua. Harapannya agar semua pihak dapat menjadikan Deklarasi ini sebagai wujud persaudaraan dalam Pemilu tahun 2024 di wilayah Kab. Tulang Bawang Barat dan Polri siap mengamankan Pemilu tahun 2024 sesuai dengan ketentuan yang berlaku,” ucap Kapolres Tubaba AKBP ndaru.

Selain itu. AKPB Ndaru juga menerangkan, Pemilihan umum merupakan representasi dari sistem demokrasi keterwakilan yang memungkinkan masyarakat untuk berpartisipasi langsung memilih pemimpin atau wakil rakyat untuk menduduki jabatan politik, baik di tingkat kabupaten, provinsi, nasional serta presiden dan wakil presiden Republik Indonesia.

“Pemilihan umum sendiri bertujuan untuk menciptakan sistem Pemerintahan yang berlandaskan pada kehendak rakyat dengan menjaga prinsip-prinsip demokrasi, mendorong partisipasi politik warga negara dan memastikan bahwa pemimpin yang terpilih mewakili kepentingan dan aspirasi masyarakat secara luas. Pemilu yang adil, bebas, dan transparan sangat penting dalam menjaga integritas dan legitimasi demokrasi bangsa Indonesia,” tutur orang nomor satu di jajaran Polres Tubaba itu.

Akhir kata, sang Kapolres Tubaba tersebut menegaskan untuk mewujudkan keteransparan Pemilu, dengan tidak memberikan ruang, waktu dan tempat pada oknum yang tidak menginginkan damai pada pelaksanaan Pemilu 2024 di kabupaten Tubaba, harus ada komitmen dari seluruh stakeholder dan unsur yang terkait untuk bersama-sama memberikan pemahaman kepada masyarakat untuk mewujudkan Pemilu yang aman, damai dan kondusif.

“Selain itu juga dengan masih maraknya berita Hoax, maka seluruh stakeholder harus bersatu dalam mengcounter, sehingga tidak memberikan dampak yang buruk terhadap berjalannya tahapan Pemilu Tahun 2024” pungkasnya.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *