AGV, Produk Inovasi UBL Terpilih Tampil di MIS 2023

oleh

Inspiratif.co.id – Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi bakal menggelar Merdeka Innovation Summit (MIS) 2023 yang bekerjasama dengan Forum CSR Indonesia dan Kerja Sama Dunia Usaha dan Kreasi Reka (Kedaireka) pada 16-17 November mendatang di Birawa Assembly Hall, Hotel Bidakara Jakarta. Beragam kegiatan dari mulai seminar menghadirkan pembicara utama Presiden Joko Widodo, Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Nadiem A. Makarim, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Indonesia Luhut Binsar Pandjaitan dan lainnya serta pameran berbagai produk inovasi yang akan mempertemukan antara inovator dan dunia usaha.

Automatic Guided Vehicle (AGV) atau kendaraan berpemandu otomatis yang diberi nama Alto karya tim peneliti program studi Teknik Mesin Universitas Bandar Lampung (UBL) terpilih untuk tampil di ajang ini. Hal ini dibenarkan oleh Muhammad Riza, Ph.D, ketua tim peneliti yang juga dosen program studi Teknik Mesin UBL. “Produk inovasi kami, Alto mendapatkan undangan khusus hasil seleksi dari ribuan produk inovasi untuk tampil di Merdeka Innovation Summit 2023. Hanya 5 produk kategori Calon Innovator yang terpilih, bangga sekali rasanya, produk inovasi besutan tim Teknik Mesin UBL bisa terpilih dan tampil sejajar dengan produk kampus ternama lainnya seperti ITS, ITB dan UI,” ungkap Riza, ketika diwawancarai di kampus UBL, Selasa (07/11/2023).

“Pembuatan alat ini dilakukan oleh peneliti dan mahasiswa dari program studi Teknik Mesin yang didalamnya terdapat disiplin ilmu Mekatronika. Rancang bangun untuk AGV ini juga melibatkan peneliti dari ilmu komputer untuk menangani masalah perangkat lunak dan serta akademisi dari bidang ekonomi yang melakukan analisis kelayakan ekonomi. Teknologi ini digunakan untuk mengoptimalisasi kerja PT GMF AeroAsia dalam melakukan perawatan pesawat terbang,” tambah Riza.

Seperti diketahui produk AVG hasil kerjasama UBL dengan PT Garuda Maintenance Facility AeroAsia (PT GMF AeroAsia), anak usaha Garuda Indonesia yang menyediakan jasa perawatan, perbaikan, dan pemeriksaan pesawat terbang juga ditampilkan dalam even GMF Innovation Day 2023 di Hangar DC-9 PT GMF AeroAsia Tbk pada beberapa waktu lalu di Jakarta. (Rls)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *