Kolaborasi Dosen UNM dan UINAM Beri Pemahaman Tentang Inovasi Manajemen Referensi Kepada Mahasiswa Ekonomi

oleh

Inspiratif.co.id – Sebagai Upaya Meningkatkan Pemahaman Mahasiswa tentang Inovasi Manajemen Referensi, Dosen Universitas Negeri Makassar (UNM) Berkolaborasi dengan Dosen Universitas Islam Negeri Alaudin Makassar (UINAM) menyelenggarakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat bertajuk “Inovasi Manajemen Referensi: Pelatihan Research Rabbit dan Zotero Untuk Mahasiswa Ekonomi.” Acara ini berlangsung di Ruang BT 102, Fakultas Ekonomi dan Bisnis UNM dan dihadiri oleh 22 mahasiswa FEB UNM.

Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan kemampuan mahasiswa dalam mengelola referensi dan sumber daya penelitian dengan efisien menggunakan alat bantu seperti Research Rabbit dan Zotero. Mahasiswa dihadapkan pada pemateri ahli dalam bidang ini untuk memperdalam pengetahuan mereka.

Kegiatan dimulai dengan sambutan oleh Andika Isma, S.Pd., M.M. selaku Penanggung Jawab Kegiatan sekaligus Dosen FEB UNM yang mengungkapkan, “Kegiatan ini adalah upaya kami untuk mendukung kemampuan akademik mahasiswa ekonomi. Manajemen referensi adalah aspek penting dalam proses penelitian, dan pelatihan ini akan memberikan pondasi yang kuat bagi mereka” ungkapnya.

Narasumber pertama, M. Miftach Fakhri, S.Kom., M.Pd., memfasilitasi sesi pelatihan tentang penggunaan Research Rabbit sebagai alat bantu yang efektif dalam penelitian. Dengan pengalaman akademiknya, beliau memberikan wawasan berharga tentang cara memanfaatkan Research Rabbit dalam proses penelitian.

Narasumber kedua, Della Fadhilatunisa, S.E., M.Ak., Ak., MOS., CTR., membahas pemanfaatan Zotero untuk manajemen referensi. Dengan latar belakang yang kuat dalam bidang akuntansi, beliau memberikan wawasan tentang bagaimana Zotero dapat membantu mahasiswa dalam menyusun referensi dengan lebih efisien.

Kegiatan ini juga dihadiri Dary Mochamad Rifqie, S.T., M.T., yang bertindak sebagai moderator. Beliau memfasilitasi diskusi dan tanya jawab, memastikan bahwa mahasiswa dapat berinteraksi langsung dengan narasumber.

Kegiatan berlangsung dengan antusiasme tinggi, dan peserta mendapatkan pengetahuan yang berharga tentang manajemen referensi yang akan membantu mereka dalam perjalanan akademik mereka. FEB UNM berkomitmen untuk terus mendukung pengembangan akademik mahasiswa dan memberikan wawasan yang berguna bagi mereka dalam dunia penelitian. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *