Buka Expo KKN Siger Berjaya, Ini Harapan Gubernur Lampung

oleh

Inspiratif.co.id — Gubernur Lampung Arinal Djunaidi membuka Expo KKN Siger Berjaya, di Desa Sidodadi Kecamatan Teluk Pandan, Kahupaten Pesawaran, belum lama ini.

Kegiatan KKN Siger Berjaya yang merupakan inisiasi Gubernur Lampung dilaksanakan selama 40 hari dan tersebar di 147 Desa Provinsi Lampung, dengan menargetkan pengabdian masyarakat di wilayah Teluk Pandan, Kabupaten Pesawaran.

Dalam pelaksanaanya, KKN Siger Berjaya dilakukan dengan kolaborasi 5 perguruan tinggi di Lampung yaitu Universitas Lampung (Unila), Institut Teknologi Sumatera (ITERA), Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung (UIN RIL), Universitas Bandar Lampung (UBL) dan Institut Informatika dan Bisnis (IIB) Darmajaya. Salah satu tujuan program ini adalah pemberdayaan UMKM serta digitalisasi dalam pembangunan desa wisata.

Dalam sambutannya Gubernur Arinal Djunaidi mengatakan bahwa kegiatan KKN Siger Berjaya merupakan salah satu media bersilaturahmi, berkomunikasi dan bersosialisasi dalam rangka memperkuat kerja sama antara Perguruan Tinggi dengan Pemerintah Daerah.

“Saya sangat tertarik dengan tema yang dipilih oleh rekan-rekan Universitas Lampung mengenai pembangunan berkelanjutan atau _Education for Sustainable Development_ (EfSD), yang mana implementasi EfSD akan sulit memperoleh hasil optimal ketika mengabaikan partisipasi masyarakat dalam proses pengambilan keputusan terkait dengan tata kelola yang menyertai implementasi EfSD,” ujar Gubernur.

Selain itu, EfSD juga harus mempertimbangkan konsep 3R _(reuse, reduce, dan recycle)_ danĀ  juga harus berfokus pada isu WEHAB _(water, energy, health, agriculture, dan biodiversity)._Hal tersebut telah sesuai dengan salah satu program kerja dalam KKN ini, yaitu pemanfaatan limbah rumah tangga, seperti pembuatan _ ecoenzyme_ dan pembuatan _scrub_ cangkang kerang.

GubernurĀ  berharap dengan pengabdian kepada masyarakat ini para mahasiswa mampu menjadi penggerak untuk menumbuhkan kesadaran masyarakat dalam rangka pembangunan berkelanjutan dengan cara yang kreatif.

Diakhir sambutannya Gubernur berpesan agar Expo KKN Siger Berjaya ini menjadi momen yang bermakna bagi semua dan mampu meninggalkan jejak kebaikan serta inspirasi untuk masa depan yang lebih baik.

“Mari terus membangun semangat kebersamaan dan semangat perubahan guna mencapai berbagai kesuksesan di masa depan,” ucap Gubernur.

Rektor Universitas Lampung (Unila) Prof. Dr. Ir. Lusmeilia Afriani, D.E.A.IPM menyebut bahwa Kuliah Kerja Nyata (KKN) merupakan kegiatan yang dilakukan setiap tahun sebagai perwujudan konsep Tridharma perguruan tinggi secara utuh dan terintegrasi.

Kegiatan KKN memadukan dharma pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat dalam satu kegiatan.

KKN Siger Berjaya lebih mengedepankan penanaman wawasan dan rasa cinta tanah Lampung kepada mahasiswa melalui pengalaman belajar di masyarakat yang menghubungkan konsep-konsep akademis dengan realita kehidupan.

Rektor Unila mengharapkan, pemerintah daerah dapat mensinergikan program yang relevan dengan program Mahasiswa KKN, dengan kerjasama ini diharapkan akan dapat saling memberikan kontribusi. (Dinas Kominfo dan Statistik Provinsi Lampung).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *