Pembangunan Pasar UMKM Lampung, Momentum Kebangkitan Ekonomi di Bumi Ruwa Jurai

oleh

Inspiratif.co.id — Gubernur Lampung Arinal Djunaidi direncanakan akan melaksanakan Ground Breaking Pembangunan Pasar Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) pada Senin (30/10/2023).

Kegiatan Ground Breaking Pembangunan Pasar UMKM yang berlokasi di Kawasan PKOR Wayhalim, Bandar Lampung, juga akan dihadiri Pejabat Kementerian BUMN Republik Indonesia, jajaran Direksi 14 BUMN dibawah koordinasi Kementerian BUMN, Forkopimda, Bupati/Walikota, Pelaku UMKM, dan undangan lainnya.

Pasar UMKM nanti diharapkan dapat menjadi pusat etalase produk-produk unggulan dari 15 Kabupaten/Kota, selain akan menjadi pusat informasi, promosi dan edukasi pengembangan produk UMKM di Lampung, yang saat ini telah menunjukkan perkembangan yang cukup signifikan karena telah mampu  penetrasi ke pasar nasional, regional bahkan internasional.

Pembangunan Pasar UMKM Lampung pembiayaannya mendapatkan dukungan dari dana CSR Program Kemitraan dan Tanggung Jawab Sosial dan lingkungan dari 14 BUMN dibawah koordinasi Kementerian BUMN Republik Indonesia.

Pemilihan lokasi Pasar UMKM yang dibangun diatas lahan milik Pemerintah Provinsi Lampung di PKOR Wayhalim ini, dikarenakan selain strategis dan berada di jalan Raya Soekarno Hatta yang terkoneksi langsung dengan pintu Tol Kota Baru, terhubung dengan Bandara Raden Inten 2 dan Pelabuhan Bakauheni, sehingga dapat memudahkan apabila masyarakat dari luar lampung yang akan Kembali ke daerahnya untuk memperoleh oleh-oleh atau souvenir khas Lampung produk unggulan UMKM Lampung.

Pasar UMKM ini dibangun dengan menempati Lahan seluas 4.853 meter persegi dan bangunan seluas 1.297,40 meter persegi dengan memiliki beberapa fungsi yaitu  lantai 1 terdapat area display dan outlet etalase produk UMKM dari 15 kabupaten kota dan fasilitas pendukung lainnya, terdapat pula Area Coffee Shop sebagai outlet produk unggulan Provinsi Lampung, dan Co – Working Space untuk pelaku bisnis dan Lavatory.

Lalu lantai II terdapat area peningkatan kapasitas melalui pelatihan dan pembinaan pegiat UMKM, Co-Working space (Pelaku bisnis), Kantor pengelola, Fasilitas outlet komoditas unggulan Lampung dan fasilitas pendukung lainnya seperti : Hall, Ruang tunggu VIP, Musholla dan Lavatory.

Kemudian Area di luar ruang yang berada di sisi kanan dan kiri bangunan akan berfungsi sebagai tempat kegiatan Bazar produk UMKM dan event-event penunjang aktivitas Pasar UMKM.

Untuk diketahui pelaku UMKM adalah pelaku ekonomi yang penting dan memegang peran strategis bagi perekonomian Indonesia, termasuk di Provinsi Lampung, selain memberikan kontribusi yang cukup besar dalam pertumbuhan ekonomi, kegiatan usaha UMKM juga berperan dalam penyerapan tenaga kerja.

Berbagai upaya telah dilakukan dalam penguatan dan pemberdayaan UMKM, diantaranya mendorong tumbuhnya hilirisasi produk-produk UMKM berbasis bahan baku domestik yang tersedia di Provinsi Lampung, peningkatan kualitas produksi dan perluasan akses pasar dari produk-produk UMKM. Hal ini yang menjadi dasar lahirnya gagasan Gubernur Lampung Arinal Djunaidi untuk membangun satu Kawasan perekonomian baru yang dinamakan Pasar UMKM. (Dinas Kominfotik Provinsi Lampung)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *