Bupati Way Kanan Siap Implementasikan Kerjasama IIB Darmajaya dalam Pengembangan SDM ASN

oleh

Inspiratif.co.id – Bupati Way Kanan Raden Adipati Surya mendukung rencana kerjasama Institut Informatika dan Bisnis (IIB) Darmajaya dalam pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) di Kabupaten Ramik Ragom tersebut. Hal ini disampaikan Raden Adipati Surya Bupati saat audiensi di ruang kerja Bupati, Senin 23-Oktober-2023. Dalam audiensi, rombongan IIB Darmajaya dipimpin Wakil Rektor 3 Muprihan Thaib, S.Sos., M.M.

Selain itu, hadir Dekan Fakultas Ilmu Komputer Dr. Sutedi, S.Kom., M.T.I., Kepala Biro Humas, Pemasaran, dan Kerjasama Dian Eka Darma Wahyuni, S.E., Senior Staf Kerjasama Ketut Artaye, S.Kom., M.T.I. diterima Bupati Way Kanan didampingi Kepala BKPSDM Way Kanan, Andika Saputra, S.E., M.M., Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Kampung Way Kanan Ixuan Ahmadi, S.Sos., Kepala Bagian Kerja Sama Muhammad Darwis, S.STP., dan Kepala Bagian Protokol Dan Komunikasi Pimpinan Satria, S.STP., M.IP.

Wakil Rektor 3, Muprihan Thaib, S.Sos., M.M., kunjungan silahturahmi itu bertujuan untuk peningkatan SDM Aparatur Sipil Negara (ASN) Kabupaten Way Kanan. “IIB Darmajaya mendapatkan izin menggelar Program Rekognisi Pembelajaran Lampau (RPL) kepada masyarakat dalam peningkatan kompetensi,” kata Muprihan seperti dikutip dari https://darmajaya.ac.id.

Menurut dia, izin Program RPL diberikan langsung oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemdikbudristek) Republik Indonesia. “IIB Darmajaya merupakan kampus pertama di Provinsi Lampung membuka Program RPL sekaligus diamanahkan hibah Program RPL untuk lima program studi,” kata dia.

Lima program studi tersebut, lanjut dia, untuk Program Strata Satu (S1) Manajemen, Akuntansi, Teknik Informatika, Sistem Informasi, dan Sistem Komputer. “Selain program sarjana, IIB Darmajaya juga membuka Program RPL untuk pascasarjana Magister Manajemen (MM) dan Magister Teknik Informatika (MTI). Program RPL merupakan pengakuan dari pekerjaan yang dikonversi ke SKS hingga 60 SKS,” kata dia.

Menurut Muprihan, untuk jenjang sarjana program ini hanya ditempuh dalam waktu dua tahun dan pascasarjana selama satu tahun. “Perkuliahan dilaksanakan pada Jumat malam dan hari Sabtu dengan blended learning, 50 persen tatap muka dan 50 persen daring,” imbuhnya.

Sementara, Bupati Way Kanan, Raden Adipati Surya menyambut baik adanya Program RPL IIB Darmajaya. “Pemerintah Kabupaten Way Kanan fokus dalam peningkatan kemampuan SDM,” ungkapnya.

Menurut Bupati, Pemkab Way Kanan sangat terbuka untuk menjalin kerjasama dengan berbagai perguruan tinggi di Lampung bahkan Nasional termasuk IIB Darmajaya. “Program RPL ini sangat tepat untuk mengakui pengalaman kerja dari ASN yang sudah lama. Sehingga, kompetensi yang mereka miliki ini dapat diakui dengan sejumlah SKS dan memang harusnya seperti itu,” kata Raden Adipati Surya.

Dia juga mengatakan waktu perkuliahan yang dilaksanakan pada Jumat dan Sabtu tidak mengganggu aktivitas ASN dalam menjalankan pekerjaannya. “Saya sangat mendukung ASN untuk meningkatkan kompetensi dan keterampilan dalam pendidikan formal maupun informal. Karena SDM yang kompeten membantu percepatan pembangunan di segala bidang,” kata mantan Anggota DPRD Lampung ini. (Rls)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *