Terjadi Kebakaran Lahan di Lima Desa Kecamatan Tanjung Raya

oleh

Inspiratif.co.id – Puluhan hektar lahan perkebunan sawit dan karet milik masyarakat Desa Muara Tenang, Kecamatan Tanjung Raya, Kabupaten Mesuji terbakar pada Jum’at, 06-Oktober-2023.

Menurut keterangan warga, kejadian tersebut berawal sekira pukul 14.00 WIB, hingga saat ini belum dapat dipadamkan, meski mobil Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (Damkartan) serta personil Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Mesuji sudah diterjunkan untuk membantu memadamkan api bersama warga sekitar.

Mewakili Plt Kadis, Sekretaris Damkartan Kabupaten Mesuji Ferry Antoni mengatakan, untuk hari ini ada lima titik api kebakaran termasuk di Desa Trikarya Mulya, Desa Muara Tenang Timur, Desa Berbasan serta Desa Gedung Ram, untuk itu Ferry meminta agar masyarakat desa turut serta membantu petugas untuk memadamkan api.

“Ada lima titik, dan semua bersamaan jadi kami harus membagi personil dalam membantu warga memadamkan api” sebutnya.

Menyikapi hal tersebut mantan sekretaris dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Kabupaten Mesuji juga menghimbau agar masyarakat tidak sembarangan membakar ataupun membuang putung rokok karena akan berakibat terjadinya kebakaran terlebih, musim kemarau dampak Elnino sangat mudah sekali merambatnya api.

Ferry juga berharap agar kepala desa serta perangkat desa turut serta andil dalam menanggulangi kebakaran, tutupnya. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *