Bawaslu Lampura Temukan 477 APS Langgar Aturan

oleh

Inspiratif.co.id – Berdasarkan hasil pengawasan yang dilakukan jajaran Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Lampung Utara. Dari tingkat Desa/ Kelurahan hingga Kecamatan. Diduga kuat, Alat Peraga Sosialisasi (APS) Bakal Calon Legeslatif (Bacaleg) dari sejumlah partai politik (Parpol) makin merajalela dan melanggar Peraturan Daerah (Perda).

Ketua Bawaslu Kabupaten Lampung Utara, Putri Intan Sari, mengatakan, bahwa ratusan APS yang melanggar peraturan tersebut tersebar di 23 Kecamatan se – Kabupaten Lampung Utara.

“Sesuai dengan Surat Edaran (SE) nomor 43 tahun 2023 kami menghimbau seluruh Parpol dan Pemkab Lampung Utara agar segera melakukan penertiban APS sesuai dengan tugas dan kemenangan masing-masing,” tegas Ketua Bawaslu Lampung Utara, Putri Intan Sari. Senin 02 Oktober 2023.

“Dari hasil pengawasan yang kami lakukan, sebanyak 477 APS Bacaleg dari sejumlah Parpol yang melanggar aturan,” ujar Putri.

Dilanjut Putri Bawaslu Kabupaten Lampung Utara, dalam hal ini akan mengedepankan upaya pencegahan melalui sosialisasi dan edukasi. Hal ini penting agar semua pihak dapat sadar aturan.

“Kita kedepankan upaya pencegahan. Silakan lakukan penyesuaian terhadap APS yang diduga melanggar. Sekali lagi kami menghimbau kepada seluruh Partai Politik untuk taat aturan yang berlaku,” tukasnya.

Dijelaskannya, bahwa Bawaslu kabupaten Lampung tidak memberikan batas waktu untuk melakukan penertiban APS. Namun batas waktu tersebut merupakan kewenangan Pemkab Lampung Utara.

“Bawaslu sifatnya menghimbau dikarenakan belum memasuki tahapan, Namun banyak APS yang menyerupai APK dan pemasanganya melanggar Perda. Bagi Parpol yang tidak melakukan penertiban terhadap APS Bacaleg akan dikenakan sanksi administrasi hingga sanki pidana” tegasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *