Pengda RJI Sulawesi Selatan Gelar Literasi Jurnal yang Dirangkaikan Musda 2023

oleh

Inspiratif.co.id – Pengda RJI Sulawesi Selatan sukses menyelenggarakan Literasi Jurnal Ilmiah yang dirangkaian dengan Musyawarah daerah Pengda Sulawesi Selatan dilaksanakan Sabtu, 18 September 2023 di Universitas Teknologi Akba Makassar. Kegiatan Literasi ini mengangkat tema “Akselerasi Peningkatan Akreditasi Jurnal Nasional dan Indeksasi Internasional Bereputasi Scopus”. Kegiatan literasi dan Musda ini dihadiri oleh 70 peserta yang berasal dari berbagai PT di Sulawesi Selatan dan sekitarnya dan dari pengurus dan anggota RJI Sulawesi Selatan dan dibuka langsung oleh Rektor Universitas Teknologi Akba Makassar Ibu Dra. Ratnawati.,M.Si. Narasumber kegiatan ini adalah Dr. Arbain, M.Pd. Selaku Ketua Pengurus Pusat RJI, Prof Amirullah Abduh.P.hD (Editor In Chief IJOLE Q1 Universitas Negeri Makassar), Ahsan Yunus, S.H., M.H. (Editor Harlev Q2 Universitas Hasanuddin).

Kegiatan Literasi Jurnal ini menghadirkan narasumber yang sangat kompeten di bidang pengelolaan dan publikasi nasional dan internasional karena kedua narasumber ini merupakan editor di jurnal yang telah terindeks Scopus, Ungkap Ketua PD RJI Muh Ilham bakhtiar dalam sambutannya
Ilham bakhtiar yang juga Wakil Ketua I Pengurus Pusat RJI menyampaikan bahwa peserta yang hadir ini merupakan editor dan editor in chief yang berasal dari berbagai perguruan tinggi di wilayah Sulawesi Selatan, ada yang belum terakreditasi dan ada juga yang sudah terakreditasi sinta 2-5, kami berharap kegiatan ini dimanfaatkan dengan baik oleh peserta agar mendapatkan wawasan yang tepat dalam meningkatkan kualitas pengelolaan jurnalnya di masing-masing perguruan tinggi.

Dr. Arbain M.Pd selaku Ketua Umum dalam sambutannya menyampaikan Saat ini Anggota RJI yang tersebar di berbagai daerah dan terus aktif melaksanakan kegiatannya, Alhamdulillah kawan-kawan yang ada di rji terus memberikan kontribusi di daerah terkait pengelolaan jurnal bahkan di akhir juli kemarin kita laksanakan di semarang terkait pengelolaan jurnal berstandar internasional, dan kali ini berlanjut ke pengda Sulawesi Selatan yang kami lihat animo peserta pelatihan sangat besar untuk hadir di even even yang dilaksanakan oleh teman-teman rji Sulawesi Selatan.

Pada Sesi Siang, dilanjutkan kegiatan Musyawarah Daerah (MUSDA) Pengda RJI Provinsi Sulawesi Selatan. Musda ini bertujuan untuk mendengarkan laporan pertanggung jawaban pengurus RJI Sulawesi Selatan periode 2021-2023 yang di ketuai oleh Muh. Ilham Bakhtiar. S.Pd.M.Pd.

Hasil Musda menetapkan Akbar Iskandar. ST.M.Pd.M.T Selaku Ketua Terpilih yang dilakukan secara kekeluargaan namun penuh mufakat langsung di forum MUSDA kemudian Wakil Ketua: Amurullah.M.Pd, Sekretaris Nurfardiansyah, M.Kes, Wakil Sekretaris Muh Amran, M.Pd. dan Bendahara Dr. nani Harlinda serta Wakil Sekretaris Janisa Pascawati L.S.Sos,.M.I.Kom.
“Saya berharap Pengurus baru dapat membersamai para pengelola jurnal yang ada di Sulawesi Selatan” Ujar Dr Arbain,M.Pd. Ketua RJI Pusat yang hadir secara langsung di Unitama Akba Makassar.

Sulsel ini merupakan salah satu provinsi besar dengan jumlah Perguruan Tinggi yang banyak di Indonesia demikian Jurnal yang banyak sehingga kedepan pengurus RJI Sulsel harus semakin rutin kedepan melaksanakan kegiatan Latihan dan workshop serta pendampingan baik secara luring maupun daring.

Pengurus RJI Sulawesi Selatan kini telah memiliki banyak pengurus dan anggota, kedepan pengurus harus banyak turun ke kampus-kampus untuk melihat kebutuhan apa yang dibutuhkan dalam pengembangan jurnalnya, apa harapan dan kebutuhan pengelola jurnal, hal ini menjadi dasar dalam pengembangan program kedepan, ungkap Ilham bakhtiar Demisioner Ketua Pengda Sulsel
RJI ini Rumah Kita, selaku Demisioner ketua menyampaikan bahwa jagalah RJI ini, jadikan wadah pengembangan kompetensi yang dimiliki untuk berbagi berbagai hal kepada pengelola jurnal di seluruh Indonesia secara umum dan secara khusus di Sulawesi selatan, teman-tema pengurus yang baru mari jadikan RJI ini sebagai rumah kita, karena dengan dinamika yang ada, akan tumbuh rasa persaudaraan dan kekeluargaan didalamnya bukan malah berselisih paham dan mengkotak kotakkan,. Dengan menjadikan RJI sebagai Rumah kita, RJI akan tumbuh berkembang melalui pendampingan pengelolaan jurnal dan publikasi yang baik dibawah bimbingan dan koordinasi yang baik antar pengurus didalamnya, Lanjut Muh Ilham Bakhtiar yang demisioner ketua pengda Sulsel saat menyampaikan sambutan di Musda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *