UPT Bahasa IIB Darmajaya Gelar ToT Calon Instruktur BIPA

oleh

Inspiratif.co.id – Unit Pelaksana Teknis (UPT) Bahasa Institut Informatika dan Bisnis (IIB) Darmajaya menggelar Training of Trainer (ToT) bagi Calon Instruktur Bahasa Indonesia Bagi Penutur Asing (BIPA) secara daring pada Jumat, 08-September-2023.

Narasumber ToT, Ferry Yun Kurniawan dari Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kemdikbudristek RI. ToT diikuti 8 orang calon instruktur.

Kepala UPT Bahasa IIB Darmajaya, Cahyani Pratisti, S.Pi., M.B.A., mengatakan ToT digelar untuk memberikan wawasan kepada tenaga pengajar untuk mahasiswa Program Darmasiswa Kemdikbudristek RI. “Pesertanya merupakan calon pengajar BIPA di IIB Darmajaya,” kata dia.

Cahyani Pratisti berharap dengan ToT ini juga dapat mengimplementasikan tata cara mengajar BIPA kepada mahasiswa asing. “Semoga materi yang diajarkan dapat memberikan gambaran tata cara penyampaian belajar bahasa Indonesia kepada mahasiswa asing,” tutur dia seperti dikutip dari https://darmajaya.ac.id.

Dalam kesempatan itu, Ferry Yun Kurniawan menyampaikan Kemdikbud memiliki target di tahun 2045 Bahasa Indonesia akan menjadi bahasa resmi yang diakui PBB. Terdapat beberapa materi yang terbagi dalam BIPA 1 hingga BIPA 6. ASN Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kemdikbudristek RI ini juga membagikan metode pengajaran BIPA.

Pengajaran metode BIPA, kata dia, yang dipaparkan oleh narasumber terdiri dari metode langsung dengan menggunakan bahasa target. Kemudian, metode terjemahan yang menggunakan terjemahan bahasa pemelajar dan metode transalanguaging yang mencampur dengan bahasa pemelajar secara sengaja.

Selain itu juga terdapat metode komunitas dengan menggunakan teknik berkelompok. Terakhir, dengan menggunakan metode audiovisual, yaitu menggunakan pelatihan berbasis media audiovisual. “ToT juga memberikan kesempatan kepada para peserta untuk mempraktikkan langsung mengajar.” (rls)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *