Perlahan Disdik Lampura Lakukan Pengimbasan Revitalisasi Bahasa Lampung di Sekolah

oleh

Inspiratif.co.id – Secara bertahap dengan berlandaskan Peraturan Bupati (Perbup) Nomor: 70/2023 tentang Pelestarian Pakaian Adat, Bahasa dan Kesejarahan. Dinas Pendidikan (Disdik) akan melakukan pengimbasan Revitalisasi bahasa daerah di sekolah-sekolah.

Kabid Pembinaan SMP Yudhi Bachtiar mewakili Kepala Dinas Pendidikan H. Sukatno menjelaskan, ini merupakan kegiatan Revitalisasi Bahasa Daerah Lampung, episode ke 17 dari Program Merdeka Belajar.

“Kita di Lampung Utara, melakukan pengimbasan revitalisasi bahasa daerah itu ke guru-guru SD dan SMP yang mempunyai pelajaran bahasa daerah melalui MGMP dan KKG bahasa daerah,” jelas Yudhi usai rapat bersama, Rabu 30 Agustus 2023.

Kegiatan pengimbasan revitalisasi lanjut Yudhi, dihadiri langsung oleh Kepala Kantor Bahasa Provinsi Lampung Desi Ari Pressanti. Nantinya setelah pengimbasan ke guru-guru SD dan SMP itu dilakukan, mereka akan menerapkan model-model pembelajaran di sekolah dengan pendekatan-pendekatan yang menyenangkan. Dengan tujuan akhirnya untuk pelestarian bahasa Daerah Lampung.

“Bahasa daerah ini tidak boleh hilang, apalagi dengan adanya perkembangan tekhnologi. Untuk pembelajarannya nanti harus dibuat menyenangkan agar anak-anak tidak bosan. Sudah dibuatkan Perbup nya, pelan-pelan nanti setiap pelajaran bahasa daerah menggunakan bahasa daerah. Nanti ada satu hari digunakan untuk penerapan berbahasa Lampung di sekolah, tapi ini akan kita lakukan pelan-pelan bertahap,” pungkasnya. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *