Pertahankan Budaya, DPK Lampura Gelar Lomba Pidato Bahasa Lampung Tingkat Pelajar

oleh

Inspiratif.co.id – Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Kabupaten Lampung Utara, menggelar lomba pidato berbahasa Lampung tingkat SMP, di Taman Olah Seni, Kamis 10 Agustus 2023.

Lomba diikuti puluhan peserta pelajar SMP se-Lampung Utara dan dibuka langsung Bunda Literasi kabupaten setempat, Nur Endah Sulastri.

Dalam sambutannya Bunda Literasi Nur Endah yang juga istri Bupati Budi Utomo mengatakan melalui lomba pidato anak-anak dapat di dorong untuk gemar mencari literasi sebagai referensi, sehingga akan membentuk budaya masyarakat yang literat.

“Terlebih lagi pidato yang dilombakan adalah pidato berbahasa Lampung, yang merupakan kebanggaan daerah kita sendiri,” katanya.

Menurut dia, masa depan anak-anak merupakan masa depan bagi bangsa dan negara. Masa depan itu akan terlihat sepuluh atau dua puluh tahun ke depan, dimana saat jutaan anak yang ada saat memasuki usia dewasa dan produktif. Merekalah nantinya yang menjadi pelaku pembangunan di berbagai sektor kehidupan, “Kelak diantara mereka ada yang berperan sebagai pemimpin- pemimpin bangsa, yang akan turut menentukan arah perjalanan negara dan daerah kita,” jelas dia.

Ditempat yang sama, Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Lampung Utara, Sri Mulyana menerangkan para peserta yang mencapai 39 orang tersebut, terlihat antusias dalam mengikuti perlombaan.

“Mulai dari gaya berpidato, intonasi dan dialek yang digunakan sangat bagus, diluar ekspetasi,” katanya.

Sri Mulyana mengaku jika dipilihnya lomba pidato berbahasa Lampung bertujuan untuk terus mengangkat nilai budaya lampung. Target kita pelajar SMP karena usia ini beranjak dari anak-anak hingga remaja, sehingga bahasa dan Budaya Lampung jangan sampai terkikis.

“Dan untuk juara lomba ini nantinya akan kita ikut sertakan dalam perlombaan ditingkat Provinsi,” tukas Sri Mulyana.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *