FORJAB Kawal Pendaftaran Calon Kades Muncang Larang

oleh

Inspiratif.co.id – Desa Muncang Larang Kecamatan Bumijawa Kabupaten Tegal pada hari Rabu 9 Agustus 2023 adalah batas akhir penerimaan berkas pendaftaran bakal calon Kepala Desa dengan batas hingga pukul 16.15 waktu setempat.

Diperoleh keterangan bahwa ada 11 pendaftar/calon kepala desa yang sudah menyampaikan berkas sebagai calon kades, 2 diantaranya calon kades dari luar Desa Muncang Larang.

Ketua Umum Forum Jateng Bersatu, Ali Rosidin saat ditemui di lokasi Balai Desa Muncang Larang mengatakan bahwa kehadirannya dalam rangka ikut memantau kegiatan pendaftaran calon kades di Desa Muncang Larang.

“Kami hadir untuk memantau pendaftaran calon kades karena hari ini Rabu, 09-Agustus-2023 hari terakhir penyerahan berkas dan guna melakukan klarifikasi adanya informasi salah satu calon kades yang juga selaku Perangkat desa dan dua orang calon yang dari luar desa Muncang Larang” tuturnya.

Lebih jauh dikatakan bahwa dari hasil pantauan dan investigasi di lapangan ditemukan ada persyaratan yang diduga belum lengkap yaitu surat pengunduran diri sebagai panitia dan persetujuan dari kepala desa/ atasan yang bersangkutan.

“Setelah kami melihat berkas yang disampaikan calon bernama Misriyani ternyata belum ada surat pengunduran diri sebagai panitia karena informasinya yang bersangkutan di samping perangkat desa juga sebagai panitia ” jelas Ali.

Selanjutnya dikatakan dari temuan berkas para pelamar juga ada 2 pelamar yang melampirkan surat keterangan domisili yang dikeluarkan oleh Kepala Desa Muncang Larang belum dibubuhi tandatangan yang bersangkutan.

“Ada dua calon kades yang dari luar desa yaitu Irma Rosiana dan Ali Mukhsin dengan melampirkan surat keterangan domisili akan tetapi belum ditandatangani oleh yang bersangkutan. Sehingga keabsahan surat itu diragukan dan anehnya yang bersangkutan tidak bertempat tinggal di wilayah dimaksud” paparnya.

Sementara itu ketua panitia , Zufi Anizar saat dikonfirmasi terkait surat pengunduran diri dari saudari Misriani mengatakan bahwa masalah surat bukan substantif persyaratan.

“Masalah Surat pengunduran diri bukan substantif persyaratan yang penting persyaratan lain sudah lengkap” terangnya. (Rls)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *