Sedekah Bumi Ingatkan Warga Desa Kalikangkung Untuk Instropeksi

oleh

Inspiratif.co.id – Tradisi Sedekah Bumi adalah kebiasaan yang sudah turun Temurun sejak dulu bagi sebagian masyarakat di Desa Kalikangkung, Kecamatan Pangkah Kabupaten Tegal. Kegiatan rutinitas di tiap bulan Muharam dan dilaksanakan di lokasi makam Mbah Sutawijaya dan Nyi Rantam sari sepasang suami istri yang telah dikeramatkan sejak lama.

Kegiatan swadaya masyarakat dan kerja sama dengan Yayasan Peristek di Pemerintah desa setempat berjalan dengan hidmat, prosesi adat yang sudah membudaya adalah ciri khas bagi warga Desa Kalikangkung. Dalam penjelasanya oleh sesepuh Desa atau Kunci makam yaitu Mbah Ki Romo Daurip.

“Dewi Rantam sari istri dari Raden Sutawijaya dalam silsilah kerajaan yang menguasai pantai utara pulau Jawa merupakan keturunan Dewi lanjar penguasa laut utara dan di karuniai seorang anak laki-laki yaitu Mas Raden Panji Kumbang yang makamnya berdampingan dengan kedua orang tuanya, merekalah yang pernah mengukir dalam sejarah Desa Kalikangkung ini apapun tetap kita hargai jasa- jasanya lewat acara sedekah bumi ini kita ambil hikmah dan ikuti jejak tauladannya agar bisa instropeksi” urainya pada awak media Senin, 08 Agustus 2023.

Ditambahkan lagi Mbah Daurip kunci makam dan sesepuh yang dituakan bahwasanya kegiatan sehari-hari bertani dan menerima tamu yang ziarah baik dari lingkungan sekitar desa ataupun dari luar daerah, “Tamu wajib kita hormati tidak pernah dibeda- bedakan” pungkasnya. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *