Tujuh Gunungan Hasil Panen Lengkapi Ritual Ruwat Bumi Makam Mbah Depok

oleh

Inspiratif.co.id – Tradisi Ruwat Bumi yang ada di Makam Mbah Depok Desa Babakan, Kecamatan Kramat, Kabupaten Tegal adalah warisan leluhur yang sudah menjadi rutinitas tahunan tepatnya dalam bulan Muharom, karena adat masyarakat mempercayai sebagai salah bulan yang diagung-agungkan. Kegiatan tersebut telah berjalan dengan lancar pada Minggu, 30-Juli-2023.

Dalam penjelasanya Sriyanto salah satu penyelenggara atau yang dianggap sesepuh desa, tradisi tahunan kali ini mungkin yang terbesar dari sebelumnya, “Kami bisa menampilkan berapa arak-arakan tujuh gunungan hasil bumi dari desa kami, iringan musik tradisional dan menampilkan Dalang Ki Bambang Mbarep Carito keturunan dalang ternama di desa, serta banyak suguhan-suguhan dalam melengkapi acara Ritual Ruwat Bumi ini” jelasnya.

Acara tradisi Muharoman ini dihadiri para tokoh ulama, tokoh agama dan beberapa seniman. Persatuan masyarakat Desa Babakan dalam setiap kegiatan sangatlah kompak sehingga kegiatan berjalan dengan lancar. Masyarakat berharap setelah pelaksanaan kegiatan ruwat bumi, Yang Maha Kuasa berkenan menambahkan keberkahan yang melimpah.

“Kegiatan yang dengan swadaya kuat adalah cermin adat kami yang masih kental dengan poto kehidupan yang masih memegang teguh adat istiadat dari dahulu” pungkasnya. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *