IIB Darmajaya Bekali Calon Wisudawan/ti Softskill Hingga Mockup Interview

oleh

Inspiratif.co.id – Unit Pelaksana Teknis (UPT) Inkubitek, Career Center & Alumni (ICCA) Institut Informatika dan Bisnis (IIB) Darmajaya memberikan Pelatihan Softskill & Mockup Interview kepada calon wisudawan/ti 25 – 27 Juli 2023 di Aula Lantai III Gedung Alfian Husin.

Pelatihan Softskill dibagi menjadi dua sesi yaitu pada Selasa (25/7) yang diikuti 161 calon wisudawan dengan pemateri berasal dari perusahaan terkemuka Nasional dan Multinasional. Narasumber sesi 1 Branch Manager Auto2000 Rajabasa Helmi Yansyah, Learning & Capability and Industrial Relations PT Nestle Indonesia Annisa Ayu Permata, dan Asisstant Vice President Business Support Bank Mandiri Edward Hermansyah.

Hari kedua, yang diikuti 165 peserta dengan narasumber pelatihan yaitu People Partner & Recruitment Dept Head PT Great Giant Pineapple Daisy Metria, S.Psi.; Branch Manager KC Lampung PT Bank Mega Syariah Putri Rosmala Dewi, S.Pt., S.E., S.H., M.M.; dan HR–GA PT Hokkan Deltapack Industri Lampung Amilia Rahestri, S.E. Materi yang disampaikan narasumber diantaranya Growth Mindset & Leadership Skill, ATS Friendly, dan Interview. Pelatihan softskill disambut positif oleh kalangan mahasiswa.

“Menurut saya pelatihan softskil yang di adakan oleh IIB Darmajaya adalah sesuatu program pendidikan yang sangat membantu calon lulusan seperti kami untuk dapat lebih mendalami bagaimana trik-trik untuk dapat menarik perhatian para pemberi lowongan kerja,” kata Jeri Nugraha mengutip dari https://darmajaya.ac.id.

Mahasiswa Prodi Manajemen ini menjelaskan materi yang disampaikan juga memberikan tips kepada calon lulusan. “Bagaimana kiat-kiat untuk tampil lebih maksimal dalam menghadapi tahapan-tahapan penyeleksian. Kedepannya saya harap untuk lebih banyak diadakan pelatihan langsung seperti ini dari para ahli di bidangnya,” ujarnya.

Hal senada juga disampaikan Vandewi Lefa Putri Larasati. Dia mengatakan pelatihan softskill yang diadakan untuk mahasiswa dan mahasiswi yang sedang skripsi ini bagus dan baik. “Karena ini dapat menjadi salah satu sarana untuk gambaran dan pembelajaran bagi mahasiswa untuk menghadapi dunia kerja, terutama jika ingin melamar pekerjaan dan mendapat panggilan kerja setelah berkuliah nanti,” ucapnya.

Melalui pelatihan ini, lanjut dia, diajarkan bagaimana cara membuat CV yang baik dan menarik jika ingin melamar pekerjaan. “Kita juga diberikan tips and trik bagaimana menjawab pertanyaan pertanyaan dan memberi pernyataan jika sedang melaksanakan interview kerja,” kata Mahasiswi Prodi Akuntansi ini.

Sementara, Mahasiswa Prodi Sistem Informasi Muhammad Royan Fauzi Maulana mengaku mendapatkan insight yang bermanfaat untuk persiapan karir di masa depan. “Salah satunya adalah tentang bagaimana kita dapat lolos seleksi interview dengan menggunakan metode star yang menceritakan pengalaman kita dengan lebih berkesan dan objektif,” ungkapnya.

Metode tersebut, lanjut dia, membantunya untuk tampil sebagai talenta berkaliber tinggi dan siap bekerja di industri dihadapan interviewer. “Pelatihan ini sangat bermanfaat dan membantu kami yang akan menjadi lulusan,” tuturnya.
Sebelumnya, Wakil Rektor 3 IIB Darmajaya, Muprihan Thaib, S.Sos., M.M., mengatakan kegiatan ini (pelatihan softskill) dalam rangka mempersiapkan kalian menjadi lulusan yang mampu bersaing dalam pasar kerja. “Karena dalam pasar kerja tidak hanya kemampuan akademik yang harus dimiliki tetapi juga softskill,” ungkapnya.

Muprihan berpesan agar mahasiswa juga dapat memberikan kesan pertama yang baik kepada perusahaan atau instansi ketika mendapat panggilan interview. “Ada bahasa iklan, Kesan pertama begitu menggoda selanjutnya terserah Anda. Kalimat ini dapat dicermati untuk memberikan kesan yang baik dan dapat diberikan dalam pelatihan ini,” tutupnya. (Rls)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *