HUT Desa Baru Raharja Meriah, Warga Kedepankan Moral Adat & Budaya

oleh

Inspiratif.co.id – Ratusan masyarakat dari Sembilan Rukun Tetangga (RT) di Desa Baru Raharja Kecamatan Sungkai Utara, Lampung Utara, unjuk kebolehan dalam perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) Desa ke-23 Tahun 2023.

Pada momen pagelaran pawai budaya kali ini, antusias tinggi masyarakat terlihat dengan mengangkat berbagai tema. Seperti menjadi orang tempo 60-an, Jerinjing Fashion Carnaval (JFC), penampilan ogoh-ogoh dan lain sebagainya.

Rangkaian kegiatan yang dihelat dalam momen perayaan hari jadi desa tersebut antaranya, Lomba Tumpeng, Pengajian Akbar, Pawai Budaya, Gunungan, Lomba Lingkungan, Kuda Lumping dan pagelaran Wayang Kulit semalam suntuk yang akan diadakan saat puncak pelaksanaan HUT Desa Baru Raharja pada tanggal 27 Juli 2023 mendatang.

“Alhamdulillah perayaan HUT Desa Baru, Raharja Kecamatan Sungkai Utara berlangsung sangat meriah. Banyak kegiatan yang digelar tentunya bersentuhan langsung dengan masyarakat,” ucap Ketua Panitia Kegiatan Singgih Evan Abdulah, Minggu 23 Juli 2023.

Uniknya lagi lanjut Singgih yang didampingi Sekretarisnya Suhada, ada prosesi sungkeman yang dilakukan setiap tahunnya. Prosesi sungkeman sendiri dilakukan oleh Kepala Desa dengan para tokok di Desa setempat.

“Nilai, moral adat istiadat dan budaya tetap kita kedepankan dalam perayaan HUT Desa ini. Tanpa para tokoh kita bukanlah siapa-siapa,” kata dia.

Desa Baru Raharja sendiri masih Singgih, memiliki lima dusun dan 13 RT. Kegiatan HUT Desa memang setiap tahun dilaksanakan. Seperti Pawai Budaya Start di Balai Desa Dusun 1 menuju Dusun 2 kembali lagi ke Dusun 1 Balai Desa.

“Persiapan kita lakukan dua bulan sebelum ulang tahun dilaksanakan. Sumber dana termasuk dari bantuan ADD dan masyarakat. Kalau untuk Tampilan dari masing-masing RT itu murni swadaya dari lingkungan masing-masing,” jelasnya.

Pihaknya berharap kegiatan seperti ini dapat dilakukan setiap tahunnya bersama dengan masyarakat. Karena dari lomba-lomba yang di gelar salah satunya Lomba Penilaian Lingkungan ini juga menimbulkan Destinasi Wisata malam. Dimana saat malam hari Desa Baru Raharja terang benderang dengan lampu kerlap-kerlip disepanjang jalan.

“Kita berharap juga masyarakat bisa semakin kompak,” pungkasnya. Agenda pawai budaya, diarak mengelilingi desa dikawal aparat keamanan. (Adv)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *