Inovasi Pijat Masal Bawa Pelajar Tubaba Raih Juara 3

oleh

Inspiratif.co.id — Areta Calista Siswi SMA Negeri 1 Tulangbawang Tengah (Tbt), Kabupaten Tulangbawang Barat (Tubaba), meraih juara 3 Lomba Pelopor Keselamatan Tertib Berlalu Lintas Tingkat Provinsi, yang diselenggarakan oleh Dinas Perhubungan Provinsi Lampung. Kamis, 13-Juli-2023.

Dengan mengusung inovasi berjudul Pita Tekanjat Aman Selamat (Pijat Masal), Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Tubaba, Ahmad Zulkifly, memaparkan, Tekanjat itu sendiri ucapan dalam bahasa Lampung, yang dalam bahasa Indonesia berarti terkejut dan inovasi itu diambil dari salah satu nama fasilitas keselamatan jalan yaitu Pita Pengaduh/ramble strip yang memiliki fungsi meningkatkan kewaspadaan pengguna jalan raya pada daerah rawan kecelakaan (black spot).

“Ramble strip umumnya terbuat dari bahan karet atau marka, namun pada kesempatan event ini dibuat memanfaatkan dari limbah roda mobil bekas yang ukuran, bentuk dan warnanya berdasarkan standar aturan yang telah ditetapkan,” paparnya.

“Dengan adanya inovasi ini diharapkan kedepan dapat menjadi solusi alternatif sementara untuk pengganti pita pengaduh konfensional yang dapat digunakan atau dipasang pada darah rawan, daerah yg berpotensi terjadinya kecelakaan,” sambung Ahmad Zulkifly.

Kegiatan tersebut diselanggarakan di Balai Guru Penggerak Provinsi Lampung pada tanggal 10-12 Juli 2023, yang diselenggarakan oleh Dinas Perhubungan Provinsi Lampung, didukung oleh Ditlantas Polda Lampung, Jasa Raharja Lampung dan Balai Pengelola Transportasi Darat Wilayah II Lampung sebagai narasumber serta penilai pemilihan pelajar pelopor di ajang lomba tersebut.

Hasil perolehan juara 3 pelajar pelopor keselamatan tertib berlalu lintas ini nantinya akan menjadi salah satu peserta yang mewakili Provinsi Lampung di ajang pemilihan pelajar pelopor keselamatan berlalu lintas ditingkat nasional, yang akan dilaksanakan di Kota Semarang Jawa Tengah pada September 2023 mendatang, diselenggarakan oleh Kementerian Perhubungan Republik Indonesia.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *