Logistik Pilkades Akan Dikirim Dua Hari Sebelum Pelaksanaan

oleh

Inspiratif.co.id – Logistik sebagai kebutuhan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak di Kabupaten Lampung Utara, akan didistribusikan dua hari sebelum pelaksanaan Pilkades pada 13 Juli 2023 mendatang.

Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa dan Transmigrasi (DPMDT) setempat, saat ini tengah mempersiapkan pendistribusian logistik tersebut.

Saat dikonfirmasi, Kepala bidang (Kabid) Pemerintahan Desa, M. Thoha mewakili Kadis DPMDT, Abdurahman, mengatakan, pihaknya saat ini masih melakukan perekapan jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) dari masing-masing desa.

“Saat ini kami masih menunggu rekap DPT dari 10 kecamatan, untuk pendistribusian logistik akan dilakukan pada H-2 pelaksanaan Pilkades serentak,” kata Kabid DPMDT Lampura, M. Thoha, Senin 3 Juli 2023

Dijelaskannya, logistik Pilkades serentak yang dianggarkan melalui APBD pihaknya hanya menyediakan 1 kotak suara untuk setiap desa, surat undangan dan kertas suara.

“Jika terdapat 1 desa lebih dari 1 TPS maka logistik Pilkades dibebankan kepada desa menggunakan anggaran Dana Desa (ADD),” jelasnya.

Lebih lanjut Thoha menjelaskan, untuk jumlah surat undangan dan kertas suara setiap DPT dilakukan penambahan sebesar 10 persen. Hal itu dilakukan untuk mengantisipasi jika terdapat kerusakan terhadap kertas suara atau surat undangan.

“Untuk sistem pendistribusian logistik ini nanti panitia kecamatan didampingi pihak keamanan mengambil langsung ke Kantor DPMDT pada H-2 menjelang pelaksanaan Pilkades serentak,” terangnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *